Mengenalkan Ramadhan pada Buah Hati

May 31, 2017

Marhaban yaa Ramadhan...

 

Alhamdulillah, akhirnya kita memasuki bulan mulia ini. Bulan yang kita nanti-nanti untuk berjumpa kembali. Bulan yang penuh kebaikan dan keberkahan bagi yang mengisinya dengan amalan.

 

Ramadhan tahun ini, menjadi target saya untuk mengenalkan dengan lebih dalam mengenai bulan penuh rahmat ini kepada Zayd (3 tahun). Kalau tahun-tahun sebelumnya Zayd cenderung tidak 'ngeh' dengan puasa, tarawih, dan lain-lain meski pelan-pelan sudah dikenalkan, tahun ini inginnya dia lebih paham mengenai makna Ramadhan.

 

Berikut hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengenalkan Ramadhan pada sang buah hati :

 

1. Membuat nuansa gembira saat menyambut bulan suci ini. Hal ini dapat dilakukan dengan misalnya beres-beres rumah bersama, membuat bunting flag, hiasan, atau poster bertema Ramadhan, atau mulai menceritakan keseruan yang dapat dilakukan selama Ramadhan.

 

2. Memberi tahu arti berpuasa pada ananda, dengan bahasa sederhana yang dapat dimengerti olehnya. Misalnya, "Nak, beberapa hari lagi Ayah Bunda akan puasa. Puasa itu ga boleh makan dan minum dari habis Shubuh sampai Maghrib. Saat bulan puasa juga Allah memberikan kebaikan yang banyak buat kita", dan sebagainya.

 

3. Mengajak ananda untuk bangun sahur, berbuka, dan tarawih bersama. Cobalah untuk melibatkan ananda dengan kegiatan-kegiatan yang kita lakukan selama Ramadhan. Selain sahur, berbuka, dan tarawih, ananda juga bisa dilibatkan saat kita membaca Al Qur'an atau membaca buku agama, misalnya.

 

4. Jika sudah memungkinkan, ajak ananda untuk berpuasa secara bertahap sesuai kemampuannya. Misalnya, sampai jam 10 pagi atau 12 siang. Beritahu mengapa kita harus berpuasa, apa maknanya, dan sebagainya. Tentunya dengan bahasa yang mudah dipahami oleh mereka.

 

5. Beri 'reward' atas pencapaian baik ananda saat Ramadhan. Tidak harus berupa materi, pujian sederhana pun insyaAllah bisa mendongkrak semangat mereka. Ungkapkan dengan tulus dan penuh kesungguhan.

 

Semoga kita dapat memaksimalkan ibadah kita di Ramadhan tahun ini bersama ananda. Di Ramadhan ini, ada paket Ramadhan bersama Mungilmu yang dapat diperoleh secara gratis di link http://mungilmu.com/unduh. Salam hangat dari Tim Mungilmu! :)

 

 

Please reload

Recent Posts

December 5, 2017

November 21, 2017

Please reload

Archive
Please reload

Terms of Service    |    Refund Policy    |    Privacy Policy    |    FAQ      |    Site Map